SMKN I Batang Bersama SMKN I Warung Asem Peduli Bencana Banjir 


Siberone.com - Sejumlah guru dari SMKN 1 Warungasem dan SMKN 1 Batang menunjukkan teladan kepedulian sosial, dengan memberikan bantuan bagi para warga yang terdampak banjir.

 

Para guru membuat dapur umum di sekolah selama beberapa hari dan langsung didistribusikan ke Desa Kalipucang Wetan, Kalipucang Kulon, Karangesem Utara yang merupakan wilayah terparah yakni Dukuh Karang Widoro, Karangsari dan Pabean.

 

Sebagai pendidik memang harus memiliki kompetensi sosial, substansi pokoknya adalah bagaimana seorang kepala sekolah dan guru mau peduli terhadap lingkungannya. 

 

“Bencana banjir yang terjadi di beberapa lokasi di Kota Batang, ini menggerakkan hati kita semua. Maka alhamdulillah dengan gerak cepat bapak/ibu guru memberikan bantuan, ada yang berbentuk uang, sembako dan tenaga semuanya bergotong-royong di dapur umum,” kata Kepala SMKN 1 Warungasem sekaligus Plt Kepala SMKN 1 Batang, Catur Puji Raharjo, saat ditemui di Kantor SMKN 1 Kabupaten Batang, Rabu (10/2/2021).

 

Ia menuturkan, untuk nasi bungkus yang dimasak bukan ala kadarnya, tapi diupayakan layak konsumsi.

 

“Menu sarapan untuk hari pertama ada lima jenis, seperti nasi, telur, mie dan sayur. Sedangkan makan siang menunya ayam goreng yang masih hangat langsung dikirimkan ke pengungsi,” jelasnya.

 

Selain didistribusikan ke posko, Lanjut dia, para guru juga terjun langsung untuk memberikan bantuan kepada korban banjir. 

 

“Insyaallah para pengungsi senang karena kami berusaha tidak asal memasak. Paling tidak kami bisa mengurangi beban pengungsi,” tuturnya.

 

Catur juga mengharapkan, bakti sosial yang ditunjukkan bapak/ibu guru menjadi teladan yang dapat diikuti anak didik, dalam bentuk apapun.

 

“Bisa menyumbangkan pikiran, uang, tenaga bahkan semuanya pun akan lebih baik. Anak-anak bisa mengambil contoh untuk berempati pada mereka yang mengalami musibah dan diterapkan di lingkungan masing-masing,” katanya.

 

Ia tetap menekankan, agar saat memberikan bantuan menerapkan protokol kesehatan, sehingga semua terlindungi. (Tok)


[Ikuti Siberone.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar